Minggu, 27 Desember 2009

Energi untuk Masa Depan

Shell sering mengiklankan mengenai energi untuk masa depan, saya berkunjung ke www.shell.com/newenergyfuture untuk mencari tau apa yang dikerjakan perusahaan minyak menciptakan energi masa depan.

Seperti diketahui, produksi minyak akan menurun. Eksplorasi baru akan menimbulkan kerusakan lingkungan. Ini disadari oleh perusahaan minyak global seperti Shell. Berikut ini informasinya:
Energi fosil seperti minyak semakin berkurang, efisiensi pemanfaatan dan penghematan minyak diperlukan. Pengelompokan oleh Shell:
  • Manajemen CO2
  • Eksplorasi sumber baru
  • Efisiensi penggunaan energi
  • Diversifikasi energi
CO2 dihasilkan dari pembakaran bahan bakar fosil seperti batu bara, minyak, gas (lebih dibandingkan dengan dua item terdahulu). Di salah satu artikel saya membaca bahwa kemajuan industri di Cina memerlukan energi listrik lebih besar, sehingga meningkatkan CO2 dimana listrik banyak dihasilkan dari batu bara yang rendah kalori. Shell dalam hal ini memiliki beberapa teknologi baru seperti: penyimpanan CO di bawah tanah, teknologi yang mengubah batubara menjadi gas sintetis.

Eksplorasi sumber baru melalui teknologi, di laut dalam, optimalisasi reservoir lama. Optimalisasi reservoir dengan menyuntikan uap panas, bahan kimia untuk mencairkan, memudahkan aliran minyak untuk eksplorasi.

Efisiensi energi dengan pengembangan teknologi, penggunaan lebih sedikit bahan bakar fossil untuk meningkatkan energi. Misalnya mobil hemat bahan bakar, pendidikan & lomba untuk penghematan energi, oli (lubricant) untuk mengurangi gesekan mesin.

Diversifikasi energi, biofuel, pembuatan bahan bakar dari organisme hidup, tumbuhan: seperti alga, jagung. Membuat gas lebih mudah ditransportasi dan aman.

Untuk lebih detail baca di Shell.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar