Minggu, 23 Mei 2010

Minyak Kelapa Pengganti Minyak Solar

Minyak Kelapa bisa menggantikan solar untuk menjadi bahan bakar generator. Ketua Departemen Teknik Pertanian Institut Bogor (IPB), Desrial mengembangkan ide untuk mengubah minyak kelapa menjadi seperti solar dengan memanfaatkan pemanasan knalpot. Pemanasan pada suhu antara 80 sampai 90 derajat celcius mengubah kekentalan minyak kelapa, sehingga sama dengan kekentalan minyak solar.

Untuk menurunkan suhu knalpot dari 350 hingga 360 derajat celsius dimanfaatkan koil pendingin. Minyak kelapa siap dikabutkan ke ruang pembakaran mesin diesel, menjadi mudah terbakar dan menghasilkan energi gerak mesin.

Teknologi ini bisa diperoleh hanya dengan Rp 100.000 untuk membeli koil pendingin dan memodifikasi knalpot mesin diesel menjadi konverter minyak kelapa.

Untuk membuat minyak kelapa menjadi minyak solar cukup dengan 20 butir kelapa. Ada dua cara. Cara pertama mengolah daging buah kelapa segar yang kemudian diparut dan diperas menjadi santan. Kemudian santan dan air dipisahkan dengan cara pengendapan atau pemanasan. Lapisan atas dengan kandungan minyak, lapisan tengah berupa protein dan paling bawah berupa air harus dibuang. Pemisahan dengan pemanasan bertujuan menghilangkan kandungan air yang lebih cepat mendidih dan menguap.

Cara lain untuk membuat minyak kelapa dengan mengeringkan daging kelapa yang disebut kopra. Kopra mengandung minyak 34,7 persen lalu dipotong kecil-kecil dan pengepresan potongan kopra akan menghasilkan minyak kelapa yang kemudian diendapkan dan disaring dan hasilnya diberi senyawa alkali kalium hidroksida (KOH) atau natrium hidroksida (NaOH) yang bertujuan menghilangkan asam lemak bebas. Jika ingin menjernihkan maka gunakan penyedap warna berupa arang (karbon) aktif.

Informasi ini diambil dari Kompas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar