Rabu, 09 Juni 2010

Website Kumpulan Informasi Energi Listrik

Dunia berubah, informasi berbentuk digital mengubahnya. Koran berubah menjadi epaper. Kompas sudah mulai menyalurkan informasi dalam bentuk digital. Semua koran, majalah, buku berbentuk digital. Untuk membaca informasi digital dibutuhkan listrik.

Sebuah gambar anekdot menarik adalah yang pada tahun 1989-an pernah saya lihat. Di depan sebuah kantor yang penuh komputer, terdapat sebuah pencil di dalam kotak kaca. Kotak kaca tersebut mirip dengan kotak kaca, yang biasanya di dalam nya terdapat pemadam kebakaran (fire extinguisher). Ada pengumuman, tertulis "In case of emergency, break glass". Kalau keadaan mendesak, pecahkan kaca.

Dalam kantor yang serba  komputer, tidak adanya listrik menyebabkan pekerjaan terganggu. Pakailah pensil. Demikian pesan yang hendak disampaikan oleh gambar anekdot tersebut.

Komputer menguasai hajat hidup orang banyak, listrik adalah sumber dari semua komputer. Sebuah web site menyajikan informasi listrik dan energi yang dikumpulkan secara otomatis dari beberapa sumber. Tujuannya adalah untuk memberikan informasi mengenai perkembangan energi kelistrikan di Indonesia. Web site tersebut www.energilistrik.com menyajikan informasi dari sumber RSS.

Untuk membangkitkan listrik, ada dua alternatif yang mudah. Pertama, membeli generator, baik bensin ataupun diesel. Atau alternatif kedua adalah menggunakan tenaga matahari. Sinar matahari diubah menjadi listrik dengan menggunakan solar cell. Kelebihan dari generator adalah lebih murah, kekurangan generator adalah perlu maintenance dengan menhidupkan genset paling tidak sekali dalam sebulan, pengecekan filter oli, filter udara, dan aki.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar